Tulisan ini mudah"an bisa membantu dan bermanfaat buat pengunjung blog saya......
2.1. Sebuah
perusahaan kecil yang memproduksi amplifier stereo, telah menemukan bahwa model
terkemuka telah menderita kerugian besar di pasar saham karena persaingan dari
produsen lain dengan model yang lebih baru. Prusahaan tersebut sedang
mempertimbagkan dua alternative untuk tahun mendatang: baik untuk memberikan
produk yang ada facelit minor atau untuk memperkenalkan model yang baru.
Kerberhasilan atau kegagalan dari strategi ini akhirnya akan bergantung pada
keadaan ekonomi, seperti terbukti sari matriks hasil berikut. Hadiah yang
ditampilkan menunjukkan laba bersih seribu dolar. Perusahaan menganggap bahwa
penurunan probabilitas, konstan ekonomi dan kemajuan dari masing-masing adalah
30%, 50%, dan 20%.
a. Hitunglah nilai yang diharapkan dari standar
deviasi dan koefisien variasi untuk setiap alternative keputusan.
b. Diminta menerapkan nilai yang diharapkan daro
koefisien variasi dan criteria keputusan untuk maximum
c. Temukan alternative mana yang ditunjukkan
dari setiap criteria, alternative mana yang memiliki setara kepastian yang
lebih besar? Jelaskan.
JAWABAN
a) Nilai Expected Value, Standar deviasi
dan Koefisien Variasi
State
of economy
|
Probability
|
Decision
Alternative
|
Expected
Value
|
||
Minor
Facelift
|
New
Model
|
Minor
Facelift
|
New
Model
|
||
Downturn
|
0.3
|
10,000
|
-20,000
|
3,000
|
-6,000
|
Constant
|
0.5
|
30,000
|
20,000
|
15,000
|
10,000
|
Upturn
|
0.2
|
80,000
|
150,000
|
16,000
|
30,000
|
34,000
|
34,000
|
Maximin =Minor Facelift (3.000)
Minor Facelift (DalamRibuan)
Xi
|
EV
|
Xi - EV
|
(Xi -
EV)2
|
P
|
(Xi -
EV)2 P
|
10
|
34
|
-24
|
576
|
0.3
|
172.80
|
30
|
34
|
-4
|
16
|
0.5
|
8.00
|
80
|
34
|
46
|
2,116
|
0.2
|
423.20
|
Variance =
|
604.00
|
Standard Deviation (SD)= √ Variance =24,57641145atau24.580
New Model (DalamRibuan)
Xi
|
EV
|
Xi - EV
|
(Xi -
EV)2
|
P
|
(Xi -
EV)2 P
|
-20
|
34
|
-54
|
2,916
|
0.3
|
874.80
|
20
|
34
|
-14
|
196
|
0.5
|
98.00
|
150
|
34
|
116
|
13,456
|
0.2
|
2691.20
|
Variance =
|
3664.00
|
Standard
Deviation (SD)= √ Variance =60.5309838atau 60,530
Coefficient of Variation
(CV)
Alternatif Keputusan
|
SD
|
EV
|
CV
|
Minor
Facelift
|
24,580
|
34,000
|
0.723
|
New
Model
|
60,530
|
34,000
|
1.780
|
b)
Perbandingan Kriteria Keputusan
Kriteria
|
Alternatif
Keputusan
|
|
Minor
Facelift
|
New
Model
|
|
Expected
Value
|
Dipilih
|
Dipilih
|
Maximin
|
Dipilih
|
Tdk Dipilih
|
Coefficient
of Variation
|
Dipilih
|
Tdk Dipilih
|
c)
Berdasarkan Expected Value, Minor
Facelift dan New Model memiliki nilai yang sama, namun dari criteria Maximin dan
Coefficient of Variation maka
yang dipilih adalah Minor Facelift
3.7. Perusahaan
coklat Mac farlane memiliki produk yang disebut Snackers di segmen makanan
kesehatan dari pasar candy bar. Setiap batang Anackers mengandung 150 gram
protein dan 150 kalori. Produk saingan adalah dua bar healthnut yang berisi 200
gram protein dan hanya 100 kalori, dan Hi-Energi bar, mengandung 50 gram
protein dan 200 gram kalori. Masing-masing bar beratnya 4 ons. Snackers bar
dijual seharha $1.75, dibandingkan dengan healthnut bar $ 2 dan Hii-Energi bar
$ 1.50. Biaya kacang dan coklat baru telah meningkat, sedangkan biaya gula
telah jatuh secara substansil. Sebagai konsekuensinya, manajemen MacFarlane
sedang mempertimbang-kan untuk mengubah komposisi Snakcers dengan memasukan
protein lebih sedikit dan kalori lebih banyak. Pada dasarnya mereka sedang
mempertimbangkan reposisi produk mereka di pasar. Proposal yang dipertimbangkan
adalah membuat Snackers hanya berisi 100 gram protein tetapi meningkatkan
konten kalori sampai 200. Harga tetap sama, tetapi upaya promosi akan
menekankan energy ekstra dikemas kedalam Snackers bar. Riset pasar menunjukkan
bahwa pelanggan umumnya menghabiskan $ 10/minggu pada bar ini disebut kesehatan
makanan. Dengan bar Sbackers saat ini, MacFarlane memiliki keterbatasan 30%
dari pasar. Healthnut memiliki 25% dan Hi-Energi memiliki sisa 45%. Para
protagonist dari bar baru berpendapat bahwa snackers br baru akan mencuri
penjualan dari Hi-energi bar. Para anatgonis berpendapat bahwa itu akan
kehilangan lebih banyak penjualan untuk heathnut bar dari itu akan mendapatkan
dari bar Hi-energi.
a. Dengan
menggunakan analisis atribut, tunjukkan bagaimana Snackers bar akan direposisi
dalam ruang kalori gizi dan bagaimana hal ini akan mengubah efisiensi yang khas
bagi konsumen.
b. Dengan
diberi berbagai informasi pasar saat ini, apakah advi manajemen untuk
memposisikan Snackers bar atau tidak. Apakah anda punya saran lain?
c. Dengan
menyatakan semua asumsi dan pemesanan, apa yang mendasari kesimpulan anda.
JAWABAN
a) AnalisisAtribut :
Produk
|
Harga
|
Kandungan
|
Ratio
|
makanan
|
Atribut
|
Atribut
|
|
$
|
Protein
|
Kalori
|
P/K
|
$10/minggu
|
Protein
|
Kalori
|
|
Snackers
|
1.75
|
150
|
150
|
1.00
|
5.71
|
857.14
|
857.14
|
Healthnut
|
2
|
200
|
100
|
2.00
|
5.00
|
1000.00
|
500.00
|
Hi-Energy
|
1.5
|
50
|
200
|
0.25
|
6.67
|
333.33
|
1333.33
|
SnackersBaru
|
1.75
|
100
|
200
|
0.50
|
5.71
|
571.43
|
1142.86
|
Garis Snakers akan
berubah dari OB menjadi OB’, dengan mereposisi demikian di persepsi konsumen tentang
kalori gizi Sakers akan bergeser dari yang semula kalori 857,14 menjadi 1.142,86 (lebih tinggi)
sebagaimana gambar berikut :
|
|
|
|
b) Berdasarkan informasi
pasar dan upaya promosi yang menekankan energy ekstra dikemas kedalam Snakers maka
advis manajemen untuk mereposisi produk sudah tepat.
c) Mereposisi Snakers
harus disertai keputusan yang tepat namun hal ini harus disertai promosi yang
gencar sehingga persepsi konsumen berubah yaitu lebih mementingkan energy ekstra
atau kalori gizi yang lebih besar.
4.7. Perusahaan
Tekstik Thompson telah meminta nasehat anda untuk optimalitas dari kebijakan
harga sehubungan dengan salah satu produknya, produk X data berikut diberikan :
--------------------------------------------------------
Penjualan (unit) 282.500
Harga per unit $ 2,00
Biaya marjinal per unit adalah
konstan pada $ 1,00
Elastisitas harga permintaan -3,25
--------------------------------------------------------
a.
Tingkat harga sekarang adalah yang optimal jika
perusahaan ingin memaksimalkan keuntungan? Jika tidak, anda bias mengatakan
apakah harga itu harus bertanggung jawab ?
b.
Apakah pendapatan dari penjualan dapat
memaksimalkan harga untuk produk X?
c.
Jelaskan kepada Manajemen Perusahaan Tekstil
Thompson asumsi yang mendasari analisis dan kepekaan rekomendasi harga anda
untuk asumsi ini.
JAWABAN
a)
P = $ 2, Q= 282.500 unit, MC= $1 dan ε = -3.25
dQx Px
ε = x
dPx Qx
dQx 2
-3,25 = x
dPx 282.500
dQx
= - 459.063
dPx
1
b =
- 459.063
b
= - 0,0000022
Px =
a + bQx
2 =
a - 0,0000022 (282.500)
2 =
a - 0,6215
a =
2 + 0,6215
a =
2,6215
Kurva
Permintaan :
Px =
2,6215 - 0,0000022Qx
Pendapatan
Marginal :
MRx = a
+ 2bQx
MRx =
2,6215 - 2 (0,0000022)Qx
MRx =
2,6215 - 0,0000044Qx
Pemaksimalan
keuntungan :
MR =
MC
MC =
1
1
=
2,6215 - 0,0000044Qx
0,0000044Qx =
2,6215 - 1
0,0000044Qx =
1,6215
Qx =
1,6215 : 0,0000044
Qx =
368,523
Jika
Qx = 368.523 unit
Px =
2,6215 - 0,0000022Qx
Px =
2,6215 - 0,0000022 (368.523)
Px =
2,6215 - 0,8107506
Px
=
1,81
Jadi
tingkat harga $2 dengan kuantitas 282.500 unit sekarang adalah tidak optimal
Pemaksimalan
keuntungan terdapat pada titik pelintasan antara MC dan MR pada kirakira
368.523 unit dengan harga pemaksimalan keuntungan pada tingkat harga sebesar
$1,81
b)
TRx
= Px . Qx
TRx = (2,6215
- 0,0000022Qx)Qx
TRx = 2,6215Qx
- 0,0000022Q2
MRx = a + 2bQx
MRx = 2,6215
- 0,0000044Qx
MRx = dTRx/dQx
MRx = 2,6215 - 2(0,0000022)Qx
MRx =
2,6215 - 0,0000044Qx
Untuk
memaksimalkan MR = 0
MRx = 2,6215
- 0,0000044Qx
MRx = 0
= 2,6215 - 0,0000044Qx
2,6215 - 0,0000044Qx
Qx =
2,6215 / 0,0000044
Qx =
595.785 unit
Px = 2,6215
- 0,0000022Qx
Px = 2,6215
- 0,0000022 (595.785)
Px = 2,6215 -
1,310749
Px = 1,31
Harga
pemaksimalan penjualan $1,31 dimana jumlah permintaan akan menjadi 595.795 unit
dengan demikian pendapatan dari penjualan dapat memaksimalkan harga untuk
produk X
c)
Pertimbangan
akurasi data dan cateris paribus
Asumsi yang mendasari analisis :
Apabila harga (P) turun, maka
jumlah permintaan (Q) naik, hal ini dibuktikan dengan penetapan harga sebesar
$2 berhasil mencapai penjualan sebesar 282.500 unit tetapi ketika pada tingkat
harga (P) $1,3 /unit, penjualan meningkat menjadi 595.785 unit.
5.10. Fungsi
permintaan untuk bir merek Blitz ekonomi di sebuah supermarket penggiran kota
besar telah diperkirakan, dengan menggunakan analisis regresi, untuk : Qx =
-109,093 – 2.8985Px + 10.044Py + 5.126Pz + 41.665Ax – 25.631Ay + 0.0581M, di
minta Qx mewakili jumlah kasus Blitz di jual per minggu; Px adalah harga per
kasus nir Blitz ekonomi; Py adalah harga per kasus bir ekonomi Sudds; Pz adalah
harga per kasus generic took (merk tidak) bir; Ax adalah pengeluaran
advertising per minggu (dalam ribuan dilar) untuk minggu-minggu ketika bir
Blitz itu tampil khusus; Ay adalah expendure iklan per minggu (dalam ribuan
dolar) untuk minggu-minggu ketika Sudds bir itu tampil khusus; dan M adalam
mingguan rata-rata membawa pulang pendapatan per rumah tyangga untuk pelanggan
took(dalam dolar). Angka-angka dalam parantheses adalah standar error dari
koefisien. Koefisien determinasi adalah 0,85 dan kesalahan standar estimasi
adalah 0,75. Data dikumpulkan mingguan selama enam bulan di dalam took. Berarti
pendapatan dari pelanggan diperkirakan dengan respon rata-rata mingguan untuk
mengikuti undian toko. Toko mempersiapkan suplemen untuk menemani dan selalu
memiliki iklan mingguan dari Koran minggu, baik bir Bltz atau bir Sudds.
Sedangkan Bir generic tidak pernah diiklankan.Nilai sekarang dari variable indpenden
adalah Px = 7,99; P = 8,49; Pz = 6,49; Ax = 1,25 ; Ay = 1,5; M = 350,96.
a. Hitunglah
elastisitas permintaan untuk bir Blitz, sehubungan dengan hargasendiri, harga
bir yang lain,dan pendapatan konsumen. Tunjukan angka-angka ini?
b. Buatlah
sebuah ekspresi untuk kurva permintaan untuk bir blitz, dan ungkapkanlah hal
ini dengan cara konvensional.
c. Apakah
pendapatan dari harga penjualan memaksimalkan bir Blitz?
d.
Seandainya biaya marjinal toko adalah $2 per
kasus, apakan keuntungan dari
harga
memaksimalkan bir blitz?
e. Pada
kisaran harga berapa volume penjualan dapat di harapkan kepercayaan 95%?
f. Uraikan
semua asumsi dan kualifikasi yang mendasari prediksi penjualan anda.
JAWABAN
a)
Qx = -109.093 – 2.8985(7.99) + 10.044(8.49)+
5.126(6.49)+ 41.665(1.25) – 25.631(1.5) + 0.0581(350.96)
Qx = -109.093
– 23.159015 + 85.27356 + 33.26774 + 52.08125 – 38.4465 + 20.390776
Qx = 20.314811
Elastisitas
permintaan untuk kasus bir Blitz
ε = dQx/dPx *
Px/Qx
ε = - 2.8985 * 7.99/20.314811
ε = - 1.14
Elastisitas
permintaan untuk kasus bir ekonomi Suclds
ε = dQx/dPy *
Py/Qx
ε = 10.044 * 8.49/20.314811
ε = 4.198
Elastisitas
permintaan untuk kasus bir genetik
ε = dQx/dPz *
Pz/Qx
ε = 5.126 *
6.49/20.314811
ε = 1.638
Elastisitas
untuk pendapatan
ε = dQx/dM * M/Qx
ε = 0.0581 * 350.96/20.314811
ε = 1.0038
b)
Elastisitas untuk bir blitz = - 1.14
ε = dQx/dPx *
Px/Qx
-
1.41 =
dQx/dPx * 7.99/20.314811
dQx/dPx = - 2.898
b = 1/- 2.898
b = - 0.345
Px = a + bQx
7.99 = a
– 0.345 (20.314811)
7.99 = a
– 7.0086
a = 14.9987
Kurva
Permintaan untuk bir blitz :
P = 14.9987
– 0.345Q
c)
TR = P*Q
= (14.9987 – 0.345 Q)Q
= 14.9987Q – 0.345Q²
MR
=
a + 2bQ
MR
=14.9987 – 2(0.345)Q
MR = 0 = 14.9987 – 0.69Q
= 14.9987
– 0.69Q
Q = 14.9987/0.69
Q = 21.737
P = 14.9987 – 0.345Q
P = 14.9987 – 0.345(21.737)
= 7.5
Penetapan
Harga pada $7.5 berhasil meningkatkan kuatitas bir blitz sebesar 21.737 unit
d) MC
=
$2/kasus
MC = MR
2 = 14.9987 - 0.69Q
0,69Q = 14.9987 - 2
0,69Q = 12.9987
Q = 12.9987/0.69
Q = 18.8386
P = 14,.9987 - 0.345
(18,8386)
P = 8.50
Penetapan harga sebesar $8.50 memaksimalkan bir
blitz sebanyak 18.8386 unit
e) R2
= 0.85 Se = 0,75
Q =
Ŷ = 18.8383
Ŷ + 2
Se =
18.8383 + 2 (0.75)
= 20.338
Ŷ - 2
Se =
18.8383 - 2 (0.75)
= 17.338
f)
Pada tingkat kepercayaan 95% harga ditetapkan
sebesar $8.50 maka volume penjualan akan terletak antara 17.338 unit dan 20.338
unit
6.7. Perusahaan
Kosmetik Peachy telah membentuk hubungan antara variable input tingkat output
untuk produk krim wajahnya. Setiap unit produk variable termasuk orang yang
bekerja emp puluh jam seminggu,utilitas yang di perlukan,dan berbagai bahan
dalam proposi yang diperlukan, termasuk botol kaca kecil serta kotak kardus
dimana krim dikemas. Input dari biaya variable $600 per unit, biaya overhead
(tetap) adalah $ 60.000 per minggu.
a. Gunakan data
ini untuk mendapatkan perusahaan AVC dan jadwal SAC untuk tingkat output yang
ditampilkan
b. Grafik
AVC dan kurva SAC serta estimimasi sketsa terbaik dari kurva biaya marjinal.
Variable input
(unit) Output
(unit)
100
6500
200
14,300
300
20,200
400
24,400
500
27,800
600
30,000
c. Pada tingkat
output berapa yang menurut anda dismishing awal pertama kembali? Menjelaskan
dengan mengacu pada grafik dan
mendamaikan hasil ini dengan data input output.
d. Tingkat
kapasitas berapa ouput penuh?berapa biaya rata-rata di tingkat itu? Dibawah
kondisi apa Peachy menghasilkan kapasitas lebih penuh dari kurva biaya?
JAWABAN
a)
X(unit)
|
Q(unit)
|
TVC
|
AVC
|
TFC
|
TC
|
SAC
|
100
|
6.500
|
60.000
|
9,23
|
60.000
|
120.000
|
18,46
|
200
|
14.300
|
120.000
|
8,39
|
60.000
|
180.000
|
12,59
|
300
|
20.200
|
180.000
|
8,91
|
60.000
|
240.000
|
11,88
|
400
|
24.000
|
240.000
|
9,84
|
60.000
|
300.000
|
12,30
|
500
|
27.800
|
300.000
|
10,79
|
60.000
|
360.000
|
12,95
|
600
|
30.000
|
360.000
|
12,00
|
60.000
|
420.000
|
14
|
Ket : Biaya Total (TFC) tidak dipengaruhi oleh
kuantitas produksi (Q) dalam periode jangka pendek, sehingga ΔTFC/Q = 0, sedangkan
biaya variable total (TVC) tergantung pada kuantitas output (Q).
AVC = TVC/Q dan SAC = TC/Q
b) Kurva Biaya Marjinal
X (unit)
|
Q (unit)
|
TVC
|
AVC
|
TFC
|
TC
|
SAC
|
MC
|
100
|
6.500
|
60.000
|
9,23
|
60.000
|
120.000
|
18,46
|
-
|
200
|
14.300
|
120.000
|
8,39
|
60.000
|
180.000
|
12,59
|
7,69
|
300
|
20.200
|
180.000
|
8,91
|
60.000
|
240.000
|
11,87
|
10,17
|
400
|
24.000
|
240.000
|
9,84
|
60.000
|
300.000
|
12,30
|
14,29
|
500
|
27.800
|
300.000
|
10,79
|
60.000
|
360.000
|
12,95
|
17,65
|
600
|
30.000
|
360.000
|
12,00
|
60.000
|
420.000
|
14
|
27,27
|
Biaya marjinal (marginal
cost = MC) yang mengukur tambahan biaya total per unit tambahan output yang
diproduksi, diukur sebagai MC = ΔTFC/ΔQ
ΔTFC/ΔQ hubungan ini diperoleh
dari :
MC
= ΔTFC/ΔQ = Δ(TFC + TVC)/ ΔQ =
(ΔTFC/Q + ΔTVC/ΔQ) = ΔTVC/ΔQ
Jika
jumlah penggunaan satu input variabel meningkat sementara jumlah penggunaan
factor-faktor produksi lainnya tidak berubah, maka pada mulanya kenaikan
penggunaan input tersebut akan menyebabkan kenaikan output, tetapi kemudian
mulai menurun (berkurang). Bentuk kurva TC sepenuhnya ditentukan oleh kurva
TVC. Karena itu slope kurva TC pada setiap tingkat output adalah identik dengan
slope kurva TVC; biaya tetap (FC) hanya menggeser kurva TC ke tingkat yang
lebih tinggi. Ini berarti bahwa MC (biaya marjinal) sama sekali tidak
tergantung pada biaya tetap (FC). MC adalah perubahan biaya yang disebabkan
oleh suatu perubahan output, dan karena FC tidak tergantuk pada output, maka MC
tidak mempengaruhi MC.
c)
d)
X (unit)
|
Q (unit)
|
TVC
|
AVC
|
TFC
|
TC
|
SAC
|
MC
|
100
|
6.500
|
60.000
|
9,23
|
60.000
|
120.000
|
18,46
|
-
|
200
|
14.300
|
120.000
|
8,39
|
60.000
|
180.000
|
12,59
|
7,69
|
300
|
20.200
|
180.000
|
8,91
|
60.000
|
240.000
|
11,87
|
10,17
|
400
|
24.000
|
240.000
|
9,84
|
60.000
|
300.000
|
12,30
|
14,29
|
500
|
27.800
|
300.000
|
10,79
|
60.000
|
360.000
|
12,95
|
17,65
|
600
|
30.000
|
360.000
|
12,00
|
60.000
|
420.000
|
14
|
27,27
|
Pada Tingkat kapasitas output (Q) sekitar 20.000 unit, dimana
biaya rata-rata (SAC) berada pada tingkat 11.87
No comments:
Post a Comment