Tuesday, October 1, 2013

Tugas Ekonomi Manajerial dan Jawabannya

Pertama kali memperlajari ekonomi manajerial sangat membingungankan karena latar pendidikan saya yang bukan orang ekonomi. Tapi berkat kegigihan dan keinginan yang kuat untuk belajar akhirnya saya bisa menyelesaikan tugas dari dosen saya.
Tulisan ini mudah"an bisa membantu dan bermanfaat buat pengunjung blog saya......


2.1.   Sebuah perusahaan kecil yang memproduksi amplifier stereo, telah menemukan bahwa model terkemuka telah menderita kerugian besar di pasar saham karena persaingan dari produsen lain dengan model yang lebih baru. Prusahaan tersebut sedang mempertimbagkan dua alternative untuk tahun mendatang: baik untuk memberikan produk yang ada facelit minor atau untuk memperkenalkan model yang baru. Kerberhasilan atau kegagalan dari strategi ini akhirnya akan bergantung pada keadaan ekonomi, seperti terbukti sari matriks hasil berikut. Hadiah yang ditampilkan menunjukkan laba bersih seribu dolar. Perusahaan menganggap bahwa penurunan probabilitas, konstan ekonomi dan kemajuan dari masing-masing adalah 30%, 50%, dan 20%.
a.   Hitunglah nilai yang diharapkan dari standar deviasi dan koefisien variasi untuk setiap alternative keputusan.
b.   Diminta menerapkan nilai yang diharapkan daro koefisien variasi dan criteria keputusan untuk maximum
c.   Temukan alternative mana yang ditunjukkan dari setiap criteria, alternative mana yang memiliki setara kepastian yang lebih besar? Jelaskan.

JAWABAN
a) Nilai Expected Value, Standar deviasi dan Koefisien Variasi
State of economy
Probability
Decision Alternative
Expected Value
Minor Facelift
New Model
Minor Facelift
New Model
Downturn
0.3
10,000
-20,000
3,000
-6,000
Constant
0.5
30,000
20,000
15,000
10,000
Upturn
0.2
80,000
150,000
16,000
30,000




34,000
34,000

Maximin =Minor Facelift (3.000)

Minor Facelift (DalamRibuan)
Xi
EV
Xi - EV
(Xi - EV)2
P
(Xi - EV)2 P
10
34
-24
576
0.3
172.80
30
34
-4
16
0.5
8.00
80
34
46
2,116
0.2
423.20




Variance =
604.00

Standard  Deviation (SD)= √ Variance =24,57641145atau24.580

New Model (DalamRibuan)

Xi
EV
Xi - EV
(Xi - EV)2
P
(Xi - EV)2 P
-20
34
-54
2,916
0.3
874.80
20
34
-14
196
0.5
98.00
150
34
116
13,456
0.2
2691.20




Variance =
3664.00

Standard Deviation (SD)= √ Variance =60.5309838atau 60,530

Coefficient  of  Variation (CV)

Alternatif Keputusan
SD
EV
CV
Minor Facelift
24,580
34,000
0.723
New Model
60,530
34,000
1.780

b)  Perbandingan Kriteria Keputusan
Kriteria
Alternatif Keputusan
Minor Facelift
New Model
Expected Value
Dipilih
Dipilih
Maximin
Dipilih
Tdk Dipilih
Coefficient of Variation
Dipilih
Tdk Dipilih

c)   Berdasarkan Expected Value, Minor Facelift dan New Model memiliki nilai yang sama, namun dari criteria Maximin dan Coefficient of  Variation maka yang dipilih adalah Minor Facelift

3.7.   Perusahaan coklat Mac farlane memiliki produk yang disebut Snackers di segmen makanan kesehatan dari pasar candy bar. Setiap batang Anackers mengandung 150 gram protein dan 150 kalori. Produk saingan adalah dua bar healthnut yang berisi 200 gram protein dan hanya 100 kalori, dan Hi-Energi bar, mengandung 50 gram protein dan 200 gram kalori. Masing-masing bar beratnya 4 ons. Snackers bar dijual seharha $1.75, dibandingkan dengan healthnut bar $ 2 dan Hii-Energi bar $ 1.50. Biaya kacang dan coklat baru telah meningkat, sedangkan biaya gula telah jatuh secara substansil. Sebagai konsekuensinya, manajemen MacFarlane sedang mempertimbang-kan untuk mengubah komposisi Snakcers dengan memasukan protein lebih sedikit dan kalori lebih banyak. Pada dasarnya mereka sedang mempertimbangkan reposisi produk mereka di pasar. Proposal yang dipertimbangkan adalah membuat Snackers hanya berisi 100 gram protein tetapi meningkatkan konten kalori sampai 200. Harga tetap sama, tetapi upaya promosi akan menekankan energy ekstra dikemas kedalam Snackers bar. Riset pasar menunjukkan bahwa pelanggan umumnya menghabiskan $ 10/minggu pada bar ini disebut kesehatan makanan. Dengan bar Sbackers saat ini, MacFarlane memiliki keterbatasan 30% dari pasar. Healthnut memiliki 25% dan Hi-Energi memiliki sisa 45%. Para protagonist dari bar baru berpendapat bahwa snackers br baru akan mencuri penjualan dari Hi-energi bar. Para anatgonis berpendapat bahwa itu akan kehilangan lebih banyak penjualan untuk heathnut bar dari itu akan mendapatkan dari bar Hi-energi.
a.   Dengan menggunakan analisis atribut, tunjukkan bagaimana Snackers bar akan direposisi dalam ruang kalori gizi dan bagaimana hal ini akan mengubah efisiensi yang khas bagi konsumen.
b.   Dengan diberi berbagai informasi pasar saat ini, apakah advi manajemen untuk memposisikan Snackers bar atau tidak. Apakah anda punya saran lain?
c.   Dengan menyatakan semua asumsi dan pemesanan, apa yang mendasari kesimpulan anda.

JAWABAN
a) AnalisisAtribut :
Produk
Harga
Kandungan
Ratio
makanan
Atribut
Atribut
$
Protein
Kalori
P/K
$10/minggu
Protein
Kalori
Snackers
1.75
150
150
1.00
5.71
857.14
857.14
Healthnut
2
200
100
2.00
5.00
1000.00
500.00
Hi-Energy
1.5
50
200
0.25
6.67
333.33
1333.33
SnackersBaru
1.75
100
200
0.50
5.71
571.43
1142.86

Garis Snakers akan berubah dari OB menjadi OB’, dengan mereposisi demikian di persepsi konsumen tentang kalori gizi Sakers akan bergeser dari yang semula kalori  857,14 menjadi 1.142,86 (lebih tinggi) sebagaimana gambar berikut :
C
 
B’
 
B
 
A
 

b)   Berdasarkan informasi pasar dan upaya promosi yang menekankan energy ekstra dikemas kedalam Snakers maka advis manajemen untuk mereposisi produk sudah tepat.
c)   Mereposisi Snakers harus disertai keputusan yang tepat namun hal ini harus disertai promosi yang gencar sehingga persepsi konsumen berubah yaitu lebih mementingkan energy ekstra atau kalori gizi yang lebih besar.

4.7.   Perusahaan Tekstik Thompson telah meminta nasehat anda untuk optimalitas dari kebijakan harga sehubungan dengan salah satu produknya, produk X data berikut diberikan :
--------------------------------------------------------
Penjualan (unit) 282.500
Harga per unit $ 2,00
Biaya marjinal per unit adalah konstan pada $ 1,00
Elastisitas harga permintaan -3,25
--------------------------------------------------------
a.       Tingkat harga sekarang adalah yang optimal jika perusahaan ingin memaksimalkan keuntungan? Jika tidak, anda bias mengatakan apakah harga itu harus bertanggung jawab ?
b.      Apakah pendapatan dari penjualan dapat memaksimalkan harga untuk produk X?
c.       Jelaskan kepada Manajemen Perusahaan Tekstil Thompson asumsi yang mendasari analisis dan kepekaan rekomendasi harga anda untuk asumsi ini.

JAWABAN
a)      P = $ 2, Q= 282.500 unit, MC=  $1 dan ε = -3.25
                     dQx             Px
ε            =                x 
                     dPx             Qx

                    dQx                  2
-3,25     =                x 
                     dPx            282.500
dQx
                  =     - 459.063
dPx
                          1
b            = 
                     - 459.063
b            =  - 0,0000022

Px         =  a  +  bQx
2            =  a  -  0,0000022 (282.500)
2            =  a  -  0,6215
a            =  2  +  0,6215
a            =  2,6215
Kurva Permintaan :
Px         =  2,6215  -  0,0000022Qx
Pendapatan Marginal :
MRx     =  a + 2bQx
MRx     =  2,6215  -  2 (0,0000022)Qx
MRx     =  2,6215  -  0,0000044Qx
Pemaksimalan keuntungan :
MR       =  MC
MC       =  1
1                       =  2,6215  -  0,0000044Qx
0,0000044Qx   =  2,6215  -  1
0,0000044Qx   =  1,6215
                  Qx  =  1,6215 : 0,0000044
                  Qx  =  368,523

Jika Qx = 368.523 unit
Px  =  2,6215  -  0,0000022Qx
Px  =  2,6215  -  0,0000022 (368.523)
Px  =  2,6215  -  0,8107506
Px  =  1,81
Jadi tingkat harga $2 dengan kuantitas 282.500 unit sekarang adalah tidak optimal
Pemaksimalan keuntungan terdapat pada titik pelintasan antara MC dan MR pada kirakira 368.523 unit dengan harga pemaksimalan keuntungan pada tingkat harga sebesar $1,81

b)      TRx  =  Px . Qx
TRx  =  (2,6215  -  0,0000022Qx)Qx
TRx  =  2,6215Qx  -  0,0000022Q2

MRx =  a + 2bQx
MRx  =  2,6215  -  0,0000044Qx

MRx    =  dTRx/dQx
MRx    = 2,6215 -  2(0,0000022)Qx
MRx    =  2,6215  -  0,0000044Qx

Untuk memaksimalkan MR  =  0
MRx  =  2,6215  -  0,0000044Qx
MRx  =  0  =  2,6215  -  0,0000044Qx
2,6215  -  0,0000044Qx
Qx  =  2,6215 /  0,0000044
Qx  =  595.785 unit
Px  =  2,6215  -  0,0000022Qx
Px  =  2,6215  -  0,0000022 (595.785)
Px =  2,6215  -  1,310749
Px  =  1,31
Harga pemaksimalan penjualan $1,31 dimana jumlah permintaan akan menjadi 595.795 unit dengan demikian pendapatan dari penjualan dapat memaksimalkan harga untuk produk X

c)      Pertimbangan akurasi data dan cateris paribus
Asumsi yang mendasari analisis :
Apabila harga (P) turun, maka jumlah permintaan (Q) naik, hal ini dibuktikan dengan penetapan harga sebesar $2 berhasil mencapai penjualan sebesar 282.500 unit tetapi ketika pada tingkat harga (P) $1,3 /unit, penjualan meningkat menjadi 595.785 unit.

5.10.   Fungsi permintaan untuk bir merek Blitz ekonomi di sebuah supermarket penggiran kota besar telah diperkirakan, dengan menggunakan analisis regresi, untuk : Qx = -109,093 – 2.8985Px + 10.044Py + 5.126Pz + 41.665Ax – 25.631Ay + 0.0581M, di minta Qx mewakili jumlah kasus Blitz di jual per minggu; Px adalah harga per kasus nir Blitz ekonomi; Py adalah harga per kasus bir ekonomi Sudds; Pz adalah harga per kasus generic took (merk tidak) bir; Ax adalah pengeluaran advertising per minggu (dalam ribuan dilar) untuk minggu-minggu ketika bir Blitz itu tampil khusus; Ay adalah expendure iklan per minggu (dalam ribuan dolar) untuk minggu-minggu ketika Sudds bir itu tampil khusus; dan M adalam mingguan rata-rata membawa pulang pendapatan per rumah tyangga untuk pelanggan took(dalam dolar). Angka-angka dalam parantheses adalah standar error dari koefisien. Koefisien determinasi adalah 0,85 dan kesalahan standar estimasi adalah 0,75. Data dikumpulkan mingguan selama enam bulan di dalam took. Berarti pendapatan dari pelanggan diperkirakan dengan respon rata-rata mingguan untuk mengikuti undian toko. Toko mempersiapkan suplemen untuk menemani dan selalu memiliki iklan mingguan dari Koran minggu, baik bir Bltz atau bir Sudds. Sedangkan Bir generic tidak pernah diiklankan.Nilai sekarang dari variable indpenden adalah Px = 7,99; P = 8,49; Pz = 6,49; Ax = 1,25 ; Ay = 1,5; M = 350,96.
a.    Hitunglah elastisitas permintaan untuk bir Blitz, sehubungan dengan hargasendiri, harga bir yang lain,dan pendapatan konsumen. Tunjukan angka-angka ini?
b.   Buatlah sebuah ekspresi untuk kurva permintaan untuk bir blitz, dan ungkapkanlah hal ini dengan cara konvensional.
c.    Apakah pendapatan dari harga penjualan memaksimalkan bir Blitz?
d.   Seandainya biaya marjinal toko adalah $2 per kasus, apakan keuntungan dari
     harga memaksimalkan bir blitz?
e.    Pada kisaran harga berapa volume penjualan dapat di harapkan kepercayaan 95%?
f.    Uraikan semua asumsi dan kualifikasi yang mendasari prediksi penjualan anda.




JAWABAN

a)         Qx   =  -109.093 – 2.8985(7.99) + 10.044(8.49)+ 5.126(6.49)+ 41.665(1.25) – 25.631(1.5) + 0.0581(350.96)
Qx   =  -109.093 – 23.159015 + 85.27356 + 33.26774 + 52.08125 – 38.4465 + 20.390776
Qx   =  20.314811

Elastisitas permintaan untuk kasus bir Blitz
ε      =  dQx/dPx  *  Px/Qx
ε      =  - 2.8985  * 7.99/20.314811
ε      =  - 1.14
Elastisitas permintaan untuk kasus bir ekonomi Suclds
ε      =  dQx/dPy  *  Py/Qx
ε      =  10.044  * 8.49/20.314811
ε      =  4.198
Elastisitas permintaan untuk kasus bir genetik
ε      =  dQx/dPz  *  Pz/Qx
ε      =  5.126  *  6.49/20.314811
ε      =  1.638
Elastisitas untuk pendapatan
ε      =  dQx/dM  *  M/Qx
ε      =  0.0581 * 350.96/20.314811
ε      =  1.0038

b)         Elastisitas untuk bir blitz = - 1.14
ε                  = dQx/dPx  *  Px/Qx
- 1.41           = dQx/dPx * 7.99/20.314811
dQx/dPx     = - 2.898

b      = 1/- 2.898
b      = - 0.345

Px        = a + bQx
7.99     = a  – 0.345 (20.314811)
7.99     = a  – 7.0086
a          = 14.9987

Kurva Permintaan untuk bir blitz :
P     = 14.9987  – 0.345Q

c)         TR   = P*Q
        = (14.9987 – 0.345 Q)Q
              = 14.9987Q – 0.345Q²
             
MR      =  a + 2bQ
MR      =14.9987 – 2(0.345)Q
MR      = 0 = 14.9987 – 0.69Q
             = 14.9987  – 0.69Q
Q         = 14.9987/0.69
Q         = 21.737
P          = 14.9987 – 0.345Q
P          = 14.9987 – 0.345(21.737)
            = 7.5
Penetapan Harga pada $7.5 berhasil meningkatkan kuatitas bir blitz sebesar 21.737 unit

d)  MC      =    $2/kasus
MC      =    MR
2          =    14.9987  -  0.69Q
0,69Q  =    14.9987  -  2
0,69Q  =    12.9987
Q         =    12.9987/0.69
Q         =    18.8386

P          =    14,.9987  -  0.345 (18,8386)
P          =    8.50

Penetapan harga sebesar $8.50 memaksimalkan bir blitz sebanyak 18.8386 unit
e)  R2 = 0.85       Se  =  0,75
Q  =  Ŷ  =  18.8383
Ŷ  +  2 Se  =  18.8383  +  2 (0.75)
                 =  20.338
Ŷ  -  2 Se  =  18.8383  -  2 (0.75)
                 =  17.338
f)    Pada tingkat kepercayaan 95% harga ditetapkan sebesar $8.50 maka volume penjualan akan terletak antara 17.338 unit dan 20.338 unit
   

6.7.   Perusahaan Kosmetik Peachy telah membentuk hubungan antara variable input tingkat output untuk produk krim wajahnya. Setiap unit produk variable termasuk orang yang bekerja emp puluh jam seminggu,utilitas yang di perlukan,dan berbagai bahan dalam proposi yang diperlukan, termasuk botol kaca kecil serta kotak kardus dimana krim dikemas. Input dari biaya variable $600 per unit, biaya overhead (tetap) adalah $ 60.000 per minggu.
a.  Gunakan data ini untuk mendapatkan perusahaan AVC dan jadwal SAC untuk tingkat output yang ditampilkan
b.  Grafik AVC dan kurva SAC serta estimimasi sketsa terbaik dari kurva biaya marjinal.
Variable input (unit)                                              Output (unit)
100                                                                         6500
200                                                                         14,300
300                                                                         20,200
400                                                                         24,400
500                                                                         27,800
600                                                                         30,000

c.   Pada tingkat output berapa yang menurut anda dismishing awal pertama kembali? Menjelaskan dengan mengacu  pada grafik dan mendamaikan hasil ini dengan data input output.
d.   Tingkat kapasitas berapa ouput penuh?berapa biaya rata-rata di tingkat itu? Dibawah kondisi apa Peachy menghasilkan kapasitas lebih penuh dari kurva biaya?

JAWABAN
a)
X(unit)
Q(unit)
TVC
AVC
TFC
TC
SAC
100
6.500
60.000
9,23
60.000
120.000
18,46
200
14.300
120.000
8,39
60.000
180.000
12,59
300
20.200
180.000
8,91
60.000
240.000
11,88
400
24.000
240.000
9,84
60.000
300.000
12,30
500
27.800
300.000
10,79
60.000
360.000
12,95
600
30.000
360.000
12,00
60.000
420.000
14
Ket  :    Biaya Total (TFC) tidak dipengaruhi oleh kuantitas produksi (Q) dalam periode jangka pendek, sehingga ΔTFC/Q = 0, sedangkan biaya variable total (TVC) tergantung pada kuantitas output (Q).
            AVC = TVC/Q dan SAC = TC/Q




b) Kurva Biaya Marjinal
X (unit)
Q (unit)
TVC
AVC
TFC
TC
SAC
MC
100
6.500
60.000
9,23
60.000
120.000
18,46
-
200
14.300
120.000
8,39
60.000
180.000
12,59
7,69
300
20.200
180.000
8,91
60.000
240.000
11,87
10,17
400
24.000
240.000
9,84
60.000
300.000
12,30
14,29
500
27.800
300.000
10,79
60.000
360.000
12,95
17,65
600
30.000
360.000
12,00
60.000
420.000
14
27,27
Biaya marjinal (marginal cost = MC) yang mengukur tambahan biaya total per unit tambahan output yang diproduksi, diukur sebagai MC = ΔTFC/ΔQ
ΔTFC/ΔQ hubungan ini diperoleh dari :
MC = ΔTFC/ΔQ = Δ(TFC + TVC)/ ΔQ  =  (ΔTFC/Q +  ΔTVC/ΔQ) = ΔTVC/ΔQ
Jika jumlah penggunaan satu input variabel meningkat sementara jumlah penggunaan factor-faktor produksi lainnya tidak berubah, maka pada mulanya kenaikan penggunaan input tersebut akan menyebabkan kenaikan output, tetapi kemudian mulai menurun (berkurang). Bentuk kurva TC sepenuhnya ditentukan oleh kurva TVC. Karena itu slope kurva TC pada setiap tingkat output adalah identik dengan slope kurva TVC; biaya tetap (FC) hanya menggeser kurva TC ke tingkat yang lebih tinggi. Ini berarti bahwa MC (biaya marjinal) sama sekali tidak tergantung pada biaya tetap (FC). MC adalah perubahan biaya yang disebabkan oleh suatu perubahan output, dan karena FC tidak tergantuk pada output, maka MC tidak mempengaruhi MC.
c)                    

d)
X (unit)
Q (unit)
TVC
AVC
TFC
TC
SAC
MC
100
6.500
60.000
9,23
60.000
120.000
18,46
-
200
14.300
120.000
8,39
60.000
180.000
12,59
7,69
300
20.200
180.000
8,91
60.000
240.000
11,87
10,17
400
24.000
240.000
9,84
60.000
300.000
12,30
14,29
500
27.800
300.000
10,79
60.000
360.000
12,95
17,65
600
30.000
360.000
12,00
60.000
420.000
14
27,27
     Pada Tingkat kapasitas output (Q) sekitar 20.000 unit, dimana biaya rata-rata (SAC) berada pada tingkat 11.87


No comments:

Post a Comment